Berikut 10 Pekerjaan yang Laku di Masa Pandemi Corona


Pandemi virus corona (Covid-19) telah mengakibatkan lumpuhnya sektor ekonomi hingga berimbas pemecatan sepihak atau pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi beberapa karyawan di industri atau perusahaan yang terdampak. Selain banyak perusahaan gulung tikar, ada pula perusahaan yang harus menyetop proses rekrutmen karyawannya. Imbasnya, banyak lulusan baru atau fresh graduate yang susah mendapatkan pekerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan sempat merilis data pada awal Mei (1/5) lalu yang menyebut bahwa setidaknya 2,9 juta pegawai di-PHK karena Covid-19. Dari angka itu, mayoritas datang dari pekerja informal. Kendati demikian, ternyata masih ada juga beberapa pekerjaan yang justru laku di masa pandemi corona. Meski paradoks, profesi ini memberikan peluang yang besar untuk menghasilkan uang. Berikut 10 jenis pekerjaan yang masih laku dan patut dicoba di tengah pandemi corona.

1. Tenaga Kesehatan
Tentu profesi yang satu ini paling dibutuhkan sebagai penolong pasien terinfeksi Covid-19. Bahkan saking banyaknya kebutuhan, pemerintah membuka peluang bagi relawan kesehatan untuk mendaftar, seperti salah satunya relawan perawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Menjadi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan Covid-19 harus memiliki tekad tulus dan kemauan yang kuat. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang telah gugur akibat terpapar virus corona.

2. Guru Privat
Guru privat atau tenaga pengajar khusus disebut-sebut sangat laku dalam masa pandemi. Usai pemerintah menerapkan belajar di rumah, sebagian orang tua merasa ikut tertekan karena harus menjadi guru akademik bagi anak-anak mereka di rumah. Dengan hadirnya guru privat, setidaknya mengangkat sedikit beban orang tua. Sebab menjadi guru dengan penguasaan materi tidak mudah dilakukan. Bagi Anda yang lulusan sarjana pendidikan, tak ada salahnya mencoba menjadi guru privat selama corona. Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya para guru privat harus mematuhi protokol kesehatan dengan baik, atau jika memungkinkan sistem mengajar tatap muka dapat digantikan dengan pemberian materi secara online.

3. Psikolog
Psikolog memiliki peran penting dalam memberikan solusi dan 'pendingin pikiran' di tengah situasi tekanan psikis masyarakat yang banyak dirundung kekhawatiran dan parno terserang Covid-19. Di tengah masifnya pemberitaan media tentang pasien corona yang terus bertambah, hal tersebut bagi sebagian orang menciptakan lemahnya psikis sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan ikut drop. Selain itu kebosanan akibat rutinitas di rumah saja dapat mengakibatkan tekanan pada pikiran. Kehadiran psikolog mampu memberikan tempat meditasi bagi masyarakat untuk berkeluh kesah.

4. Kurir Barang dan Makanan

Statistik belanja online meroket sejak pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah. Meningkatnya aktivitas belanja online membuat banyak kurir barang yang kewalahan dengan membeludaknya pesanan. Tak ayal, jika perusahaan ekspedisi merekrut karyawan dalam jumlah banyak untuk memenuhi standar prima pihak ekspedisi dalam ketepatan waktu pengiriman. Selain itu, kurir makanan via aplikasi daring tampaknya dapat dijadikan pilihan untuk mengisi kekosongan pekerjaan. Pasalnya di tengah pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah, masyarakat memenuhi kebutuhan perutnya dengan memesan makanan via online. Belum lagi bagi masyarakat yang malas memasak sendiri akibat pemenuhan bahan pokok susah terbeli karena parno pergi ke pasar atau supermarket takut terpapar corona misalnya.

5. Staf e-commerce
Beberapa marketplace atau e-commerce seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak startup marketplace lain membutuhkan beberapa staf, usai melonjaknya pesanan masyarakat dalam aktivitas belanja online. Dalam hal ini pemenuhan strategi pemasaran dan pemenuhan kebutuhan konsumen terkait penyaluran distributor produk tentu menjadi perhatian khusus saat terjadi lonjakan konsumen di masa seperti ini.

6. Freelancer
Bagi para pekerja freelance di bidang penulisan kreatif dan desain tentu dapat dijadikan tempat menghasilkan uang yang mengasyikkan. Mengingat kebiasaan bekerja di rumah tak terlalu tergeser dengan rutinitas yang dilakukan bahkan sebelum pandemi virus corona. Beberapa pemesanan jasa juga cukup lancar jika pekerjaan yang dikerjakan para freelancer mencakup klien dari dalam negeri hingga mancanegara.

7. Programmer
Programmer juga memiliki prospek kerja yang cukup bagus di tengah pandemi virus corona. Dengan maraknya perusahaan yang menggeser gaya pekerjaan dari manual menuju digital karena dikerjakan dari jarak jauh. Maka beberapa perusahaan membutuhkan sebuah sistem terintegrasi yang dapat membuat alur kerja lebih mudah, mulai dari pengumpulan data, tanda tangan secara online hingga validasi file lainnya dalam hitungan detik.

8. Akuntan Publik
Keahlian seorang akuntan yang pandai menghitung dan mengukur pertumbuhan bisnis suatu perusahaan nampaknya patut diperhitungkan. Beberapa perusahaan juga membutuhkan jasa akuntan untuk mengolah data dan proyeksi kebutuhan finansial perusahaan kedepannya. Pasalnya opini yang disampaikan akuntan publik dinilai lebih netral dibandingkan auditor dari perusahaan asal bekerja. Oleh sebab itu, biasanya perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengaudit secara umum laporan keuangan hingga pelaporan konsekuensi pajak di tengah masa pandemi virus corona seperti saat ini.

9. Pekerja Konstruksi
Meski terkesan aneh, namun siapa sangka di beberapa portal lowongan kerja tepercaya, banyak perusahaan berbasis konstruksi yang mencari pekerja dengan jurusan teknik sipil. Beberapa di antaranya dipekerjakan dalam sebuah proyek pembangunan bangunan besar hingga perumahan. Namun tak melulu membutuhkan kualifikasi teknik sipil, dalam hal ini kuli panggul pun banyak dibutuhkan di masa pandemi seperti saat ini.

10. Produsen Masker Kain
Seiring dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan masyarakat memakai masker ketika di luar rumah, maka banyak pengusaha masker lahir untuk memenuhi jutaan permintaan masyarakat.
Bagi pencari kerja yang belum memiliki kualifikasi atau pengalaman kerja di bidangnya dan belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, maka dapat mencoba keberuntungan dengan memproduksi masker dan menjualnya secara online.

Setelah mengetahui 10 profesi yang justru laku di masa pandemi corona tersebut, para pencari kerja dapat menjadikan rekomendasi ini sebagai alternatif pekerjaan atau sekadar menambah pemasukan di masa pandemi corona. Selain itu, sering update informasi di beberapa portal pekerjaan yang kredibel juga memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Continue reading Berikut 10 Pekerjaan yang Laku di Masa Pandemi Corona
,

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Indonesia 2020

 

Pendaftaran online program Kartu Prakerja Indonesia 2020 akan segera dibuka pada bulan April ini meski pemerintah belum menentukan tanggal tetapnya. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan dan mengabarkan bahwa para pendaftar  dapat membuka laman resmi prakerja.go.id untuk mendaftar dan mendapat keterangan lebih lanjut.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pendaftar yang berminat untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini adalah harus membuat akun terlebih dahulu di laman website https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan nomor seluler yang akfif. Sedangkan untuk syarat dasarnya adalah :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Berusia diaatas 18 tahun
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah

Ditambahkan lagi, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja , yaitu Denni Purbasari mengatakan bahwa, “pekerja formal maupun informal yang  terkena dampak COVID-19 juga bisa mendaftarkan diri mereka mulai pekan kedua bulan April 2020”. Kartu Prakerja ini adalah bantuan pemerintah untuk membiayai peningkatan kompetensi pekerja.

Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka. Dengan banyaknya pendaftar ini nantinya diharapkan akan mampu menaikan dan mendongkrak perekonomian Indonesia yang sedang lemah dan lesu saat ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja Indonesia

Jika pemohon atau pendaftar telah memenuhi syarat dan ketentuan dasar diatas seperti mempunyai akun yang telah terverifikasi dengan email dan nomor telepon yang aktif, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk mendapatkan bantuan dan Kartu Prakerja.

Membuat akun Kartu Prakerja

Berikut ini adalah langkah untuk membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id yang benar dan valid :

  • Buka laman web prakerja.go.id
  • Masukkan email atau nomor ponsel
  • Klik Daftar
  • Selanjutnya pilih metode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via atau melalui email atau SMS
  • Pendaftaran berhasil
  • Pemohon telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja

Pendaftaran dan Tes Kartu Prakerja

Setelah pemohon berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri mereka untuk masuk ke dalam program- program Kartu Prakerja dengan mengikuti cara di bawah ini :

  • Buka laman prakerja.go.id
  • Login masuk akun
  • Klik Daftar Kartu Pekerja
  • Isi formulir pendaftaran
  • Klik Selanjutnya
  • Lakukan dan ikuti tes kemampuan dasar
  • Klik Selesai

Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir dan mengisi tes dasar, pemohon akan menerima sebuah notifikasi berikutnya di akun mereka masing- masing.

Tes akan dilakukan langsung saat proses pendaftaran, maka sebaiknya peserta telah bersiap jauh sebelumnya baik dalam kesiapan menjawab tes maupun sinyal internet yang stabil. Peserta yang telah diterima dalam program Kartu Prakerja hanya bagi mereka yang telah lolos tes yang dijalankan di situs resmi Kartu Prakerja saja dan mendapatkan kuota dari batch yang peserta tersebut pilih sebelumnya.

Seleksi atau batch juga mempunyai periode dan kuotanya tersendiri. Program Kartu Prakerja ini akan menyasar dan menjaring sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020 saja. Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi namun kuotabatch yang mereka inginkan telah penuh, maka peserta yang sama dapat kembali melakukan pendaftaran ulang dengan memilih dan mengikuti batch berikutnya.

Peserta yang harus melakukan pendaftaran ulang tidak perlu lagi memasukkan semua data mereka saat melakukan pendaftaran kedua karena data yang dimasukkan sebelumnya telah terekam secara otomatis. Jika peserta tidak mendapatkan program yang mereka inginkan pada pendaftaran pertama, tidak ada salahnya mengulang kembali dan mengikuti batch pertama. Peserta juga dapat mempertimbangkan program- program lain sebagai pertimbangan kedua atau ketiga mereka.

Continue reading Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Indonesia 2020
,

Mengenal Apa Itu Kartu Prakerja: Manfaat, Syarat dan Cara Daftar Prakerja Indonesia


Kartu Prakerja adalah salah satu dari program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia. Hanya saja, krisis dan pandemi corona COVID-19 yang melumpuhkan banyak kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang terkena imbas yang lebih parah lagi, membuat Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan dan inisiatif.

Presiden memutuskan untuk mempercepat proses realisasi program pembagian dan pengadaan Kartu Prakerja Nasional lebih cepat dari rencana awal. Percepatan pengadaan kartu ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi dimana- mana akibat pandemi corona yang  mewabah di banyak bagian daerah Indonesia.

Pemerintah akan segera merilis Kartu Prakerja 2020 nasional dalam waktu dekat ini, yaitu bulan April  yang akan diharapkan mampu untuk membantu pekerja Indonesia. Selain itu pemerintah juga akan menambah anggaran dana Program Kartu Prakerja dari yang semula berjumlah 10 triliun Rupiah, naik menjadi 20 triliun. Dengan meningkatnya anggaran ini juga nilai manfaat yang akan diterima peserta juga turut meningkat.

Peserta yang mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini  masing- masing akan menerima uang sejumlah Rp 3.550.000 selama menjalani program. Apabila dirincikan lebih lanjut, bantuan intensif tersebut telah meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak dapat dicairkan, kemudian intensif setelah berhasil menuntaskan pelatihan dengan jumlah Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan masa pelatihan serta dana intensif survei sebanyak Rp 150.000.

Manfaat & Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Dengan mengeluarkan Kartu Prakerja 2020 yang lebih awal di bulan April ini mengingat dampak pandemi corona yang besar terhadap perekonomian Indonesia, maka pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi seperti :

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong keberkejaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Berikut adalah beberapa Syarat dan Benefit mendaftar Program Kartu Prakerja :

  • Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah.
  • Semua orang yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah / kuliah dapat mendaftar.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif dalam bentuk biaya setiap bulannya. Adapun total yang didapatkan sebesar Rp 3.550.000 dengan bentuk terdiri dari Biaya pelatihan sebesar Rp 1 Juta, Insentif Pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 / Bulan selama 4 Bulan, dan insentif survey keberkerjaan dengan total Rp 150.000
  • Informasi Lengkap syarat dan ketentuan bisa cek di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan


Anda bisa lihat juga ada beberapa mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk program Kartu Prakerja diantaranya mulai dari Tokopedia, Skill Akademi, Pintaria, Bukalapak, Kemenaker, dan lainnya. Ada banyak sekali pilihan yang bisa dipilih nantinya bagi para pendaftar program Kartu Prakerja untuk dapat meningkat skill dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Continue reading Mengenal Apa Itu Kartu Prakerja: Manfaat, Syarat dan Cara Daftar Prakerja Indonesia

Tips Begini Cara Dekat dengan Atasan Tanpa Menjilat


Membangun dan membina hubungan baik dengan atasan di tempat kerja merupakan salah satu kunci sukses berkarier. Dekat dengan atasan, dalam artian memiliki hubungan kerja yang baik dan profesional, sudah pasti memiliki berbagai macam keuntungan. Contoh keuntungan yang bisa Anda rasakan antara lain kesempatan promosi lebih besar, diberikan kepercayaan lebih, hingga dukungan untuk berkembang di karier selanjutnya. 

Di dunia kerja zaman now, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun hubungan baik dengan atasan atau bos di tempat Anda bekerja. Hal yang terpenting adalah lakukan PDKT alias pendekatan dengan cara-cara yang alami dan positif. 

Tapi bagaimana cara membangun hubungan baik dengan atasan di tempat kerja tanpa menimbulkan persepsi ‘menjilat’?

1. Berikan Pujian Saat Menerima Arahan

Memuji bisa jadi salah satu cara untuk mengambil hati atasan. Dengan catatan, jangan memuji berlebihan dan pastikan timing-nya tepat. Contoh waktu yang pas memberikan pujian yaitu ketika Anda sedang menerima arahan atau mendapat nasihat/tips seputar pekerjaan dari atasan. Lontarkan kalimat pujian yang sesuai, dan ucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan dengan tulus. Pujian yang sesuai dan tulus tentu akan membuat atasan menjadi happy dan merasa dihargai. Secara tidak langsung, cara ini merupakan hal yang positif sebab Anda menjadikan atasan sebagai sosok inspiratif dan panutan dalam perkembangan karir Anda. Namun, hal yang terpenting adalah jangan lupa untuk selalu tingkatkan kemampuan dan terapkan tips/nasihat baik dari atasan untuk peningkatan karier. Jaga tindakan dan performa kinerja Anda dengan baik. Jangan sampai Anda kebanyakan memuji dan meminta nasihat tapi kinerja dan skills Anda underperform.

2. Berikan Performa Maksimal dalam Bekerja 

Terkadang cara terbaik dan alami untuk mendekatkan diri dengan atasan adalah dengan memberikan performa kerja sebaikmungkin. Mulai terapkan manajemen waktu kerja yang baik agar Anda bisa produktif dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Buktikan kepada atasan Anda bahwa Anda mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan rapi sesuai deadline atau bahkan lebih cepat. Percayalah, cara ini dapat membuat Anda mendapat perhatian dan disukai oleh atasan tanpa Anda sadari. Mulai sekarang, cobalah untuk selalu bekerja dengan baik, dan berikan performa maksimal dalam pekerjaan Anda.

3. Dengar dan Jadikan Referensi 

Menjadi pendengar yang baik bisa membuat Anda lebih dekat dengan atasan. Semisal, ketika atasan memberikan arahan atau mengucapkan sesuatu yang penting di suatu rapat, cobalah untuk memperhatikan perkataan beliau dengan saksama, dan bila perlu catat poin-poin pentingnya agar tak lupa. Lalu, jadikan ucapan atau perkataan atasan Anda sebagai referensi Anda. Semisal Anda sedang melakukan presentasi. Besar kemungkinan, beliau akan ingat dan menyukainya karena hal ini menunjukkan bahwa Anda adalah pendengar yang baik. Secara alami, Anda berpotensi membuat atasan terkesan dan ingin mengetahui Anda lebih dekat lagi dengan cara ini. Sebab, Anda dapat mengingat perkataan yang diucapkan atasan Anda, yang mungkin saja tidak diingat oleh karyawan lainnya.

4. Hindari Oversharing 

Akan sangat menyenangkan apabila Anda bisa berbagi pendapat dan berkomunikasi dengan lancar dengan atasan Anda. Tapi ingat, jangan oversharing alias kebablasan. Hindari menjadi sosok karyawan yang oversharing informasi tanpa fakta dan data yang jelas. Terlebih jika obrolan yang menjerumus ke hal negatif seperti menjelekkan perusahaan atau pegawai lainnya. Tetap terapkan etika yang baik dengan atasan Anda. Jangan sampai Anda dipandang sebagai pribadi yang dipandang suka bergosip. Berbagi informasi dan pendapat tentang hal yang membangun untuk karir atau kemajuan perusahaan justru akan menjadi hal positif bagi Anda untuk mendapat kepercayaan dari atasan.

5. Cobalah Ajak Bicara Santai di Luar Pekerjaan 

Tidak setiap percakapan dengan atasan harus tentang pekerjaan. Kenyataannya, kita juga tidak ingin berbicara tentang pekerjaan melulu bukan? Berbicara dengan atasan soal hal-hal yang santai juga terkadang bisa menjadi ice breaker untuk menjadi lebih akrab. Saat ada kesempatan untuk berbicara santai dengan atasan, ikuti saja alur pembicaraan sesuai dengan apa yang dia katakan. 

Biarkan dia memilih topik-topik pembicaraan yang ingin dibahas supaya kita mengetahui hal-hal apa yang disukai. Sehingga ketika kamu memiliki kesempatan lain, gunakan topik tersebut sebagai pembuka pembicaraan supaya lebih akrab. Jadi Diri Sendiri dan Tahu Batasan Pada akhirnya, hal yang terpenting adalah menjadi diri sendiri dan tidak memaksakan diri untuk dekat dengan atasan.

Ingat untuk selalu tahu batasan antara kamu dan atasan supaya hubungan tidak menjadi canggung namun tetap bisa baik di masa depan. Jangan lupa untuk terus tingkatkan skills dan berikan performa terbaik saat bekerja agar karier Anda makin sukses.

Continue reading Tips Begini Cara Dekat dengan Atasan Tanpa Menjilat
, ,

Lulus Kuliah di tengah Pandemi? Segera Lakukan 5 Hal Ini untuk Kariermu


Adanya pandemi Covid-19 dirasakan dampaknya oleh banyak orang. Salah satunya adalah tantangan karir bagi teman-teman yang lulus kuliah di tengah pandemi seperti ini. Tapi, kamu jangan khawatir. Karena, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk karirmu. Apa aja? Ini dia ulasannya..

1. Perluas online networking
Meskipun di rumah aja, bukan berarti gak bisa memperluas networking. Kamu bisa memperluas online networking, salah satunya dengan mengikuti Webinar. Di sini kamu pasti akan bertemu banyak peserta dengan latar belakang yang sama maupun berbeda. Sama seperti seminar offline, di seminar online ini kamu juga jangan sekadar ikutan acaranya, menyimak, diam dan selesai. Kamu bisa berkenalan dengan peserta lainnya.

2. Manfaatkan career center dari kampusmu
Manfaatkan career center yang disediakan kampusmu untuk mencari kerja. Selain itu, kamu juga harus rajin cek berbagai portal karir ya. Masih ada kok beberapa perusahaan yang membuka lowongan kerja di tengah pandemi seperti ini. Jadi, jangan putus asa dan tetap semangat ya!

3. Aktif di grup kampus
Mulai sekarang jangan abaikan chat grup kampus kamu ya. Karena, di grup kampus bisa jadi tempat untuk mencari informasi seputar projek freelance, volunteering, kelas online sampai lowongan kerja. Jadi, lebih aktif untuk cari tahu ya.

4. Latihan wawancara virtual
Pandemi juga mengubah metode wawancara kerja, yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung, sekarang dilakukan secara virtual. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan diri jika suatu saat kamu harus wawancara melalui telepon atau aplikasi telekonferensi. Sama seperti wawancara pada umumnya, kamu harus tetap berbusana rapi dan profesional. Jangan lupa juga untuk cari tahu tentang perusahaan dan jabatan yang kamu lamar ya.

5. Asah skill lewat webinar
Kamu bisa ikutan berbagai event online untuk mengasah skill kamu, salah satunya adalah Webinar. Nah, kamu bisa nih ikutan Inspira Webinar #MakinPintardiRumah dari Young On Top nih. Karena, bakalan ada banyak pembicara yang keren dan inspiratif bakal ngebahas topik seru.

Bakalan ada Hindia Baskara (Musisi) yang ngebahas How To Avoid Creative Block During Pandemic, Aakar Abyasa (Founder & CEO Jouska Indonesia) yang ngebahas Pelajaran Finansial yang Wajib Kamu Tahu, Intan Ayu Kartika (Brand Director AQUA) yang ngebahas Scale Up Your Skill in Multinational Company dan masih banyak pembicara lainnya yang akan ngebahas topik seru, menarik dan insightful pastinya!

Continue reading Lulus Kuliah di tengah Pandemi? Segera Lakukan 5 Hal Ini untuk Kariermu

Belum Dapat Kerja? Apa Karena 8 Hal Ini Belum Kamu Sadari

 

Pertanyaan kenapa kamu masih jadi pengangguran sebenarnya adalah pertanyaan sensitif yang sebenarnya hanya kamu yang bisa menjawabnya. Ada banyak alasan kenapa kamu masih menganggur saat ini entah itu karena kamu masih ada pekerjaan yang baik untuk kamu nantinya, atau kamu harus lebih introspeksi diri. Berikut adalah berbagai kemungkinan alasan kenapa kamu masih pengangguran yang perlu kamu renungi baik-baik.

1. Belum cukup networking
Hampir semua pekerjaan sekarang butuh networking, dan kamu lebih berkesempatan mendapatkan pekerjaan dari informasi orang yang bekerja atau pernah bekerja di satu perusahaan atau institusi. Kamu bisa mulai dengan menghubungi teman atau senior kamu dan rajin-rajin melihat chat grup di chatting messenger, karena ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dari orang-orang tersebut.

2. Kurang di sesi wawancara
Untuk level fresh graduate akan sangat besar kemungkinan kamu gagal di interview karena ini adalah kali pertamanya kamu menghadapi wawancara kerja jadi kamu tidak cukup punya banyak pengalaman. Rajinlah melatih jawaban dari kemungkinan pertanyaan yang akan kamu terima terlebih lagi kamu harus sesuaikan penampilan dan sikap tubuh kamu selama wawancara berlangsung.

3. Pilih-pilih pekerjaan
Mau yang gajinya tinggi? Pekerjaan bukan di bidang marketing? Atau ingin bekerja di perusahaan terkenal? Ini namanya pilih-pilih pekerjaan. Hal ini bukannya tidak baik, namun kamu harus belajar kalau tidak setiap keinginan bisa terwujud. Ambil lah langkah awal untuk mengambil pekerjaan yang kamu anggap layak dan bisa kamu kerjakan saat ini. Pekerjaan pertama bisa menjadi memori yang baik untuk kamu nantinya karena di sanalah kamu bisa bertumbuh.

4. Overqualifed
Biasanya perusahaan tidak akan mempekerjakan karyawan di level awal dengan pengalaman lebih dari 5 tahun atau pendidikan yang tinggi seperti sudah mencapai gelar master. Jangan banyak berharap kalau kamu lulusan luar negeri dan ingin bekerja di level awal di sebuah perusahaan yang belum ternama karena biasanya mereka tidak akan yakin kamu bisa bertahan lama dengan mereka.

5. Raut wajah tidak bersahabat
Hal ini bisa sangat berpengaruh dari foto yang kamu pajang di laman resume ataupun sesi wawancara. Raut wajah yang tidak bersahabat bisa jadi sangat berpengaruh jika kamu melamar di bagian di mana kamu banyak berkomunikasi dengan orang. Cobalah untuk mengatur raut wajah kamu agar terlihat lebih menyenangkan. Tidak ada salahnya tersenyum simpul di foto resmi dan tunjukkan senyum terindah kamu ketika interview. Hal ini adalah nilai plus untuk perusahaan nantinya.

6. Tidak memenuhi persyaratan
Jangan berharap ingin menjadi hakim atau jaksa kalau kamu bukan lulusan hukum, karena kamu hanya akan menyiakan waktu. Patuhilah semua persyaratan kerja yang diajukan jangan sampai ketinggalan. Jika kamu diharapkan memberikan dokumen kependudukan dan hasil tes bahasa asing, maka ada baiknya kamu mempersiapkannya jauh-jauh hari agar kesempatan terbuka untuk kamu diterima perusahaan atau institusi tersebut.

7. Kurang berdoa dan restu orangtua
Percaya atau tidak, doa dan restu orangtua bisa melempengkan segala urusan dan kegundahan hati kamu selama menjadi pengangguran lho. Kamu mungkin belum mendapatkan pekerjaan karena kamu hanya berdoa ketika ada maunya dan tidak sungguh-sungguh. Ada juga kemungkinan kalau kamu belum mendapat pekerjaan di perantauan karena sebenarnya orangtua kamu belum ikhlas melepaskan anaknya. Ada banyak kemungkinan lho. Maka dari itu berdoa dan minta restu lah pada orangtua agar semua urusan kamu dimudahkan. 

Continue reading Belum Dapat Kerja? Apa Karena 8 Hal Ini Belum Kamu Sadari

Berikut 5 Cara Meningkatkan Produktivitas


1. Tentukan prioritas dengan mempertimbangkan efisiensi. 

Aspek penting dalam meningkatkan produktivitas adalah bekerja secara efisien. Jika ada beberapa tugas yang harus Anda selesaikan, tentukan prioritas yang membuat Anda tetap aktif dan mau bekerja keras. Setiap orang memiliki cara kerja yang berbeda, tetapi nasihat ini bisa membantu meningkatkan produktivitas secara signifikan: Prioritaskan tugas yang tidak Anda sukai. Jika Anda mulai bekerja dengan menyelesaikan tugas yang menyenangkan, Anda sudah lelah saat harus mengerjakan tugas yang kurang menyenangkan dan cenderung menundanya. Jangan bekerja secara acak dari satu tugas ke tugas yang lain. Sebisa mungkin, fokuskan energi Anda untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jika perhatian Anda harus terbagi, berusahalah mengerjakan setiap tugas setidaknya selama satu jam. Bekerja hanya lima atau sepuluh menit untuk satu tugas adalah cara kerja yang tidak efisien.

2. Sempatkan beristirahat singkat tetapi sering. 

Anda akan sangat lelah jika terus bekerja tanpa beristirahat. Otak Anda perlu beristirahat agar bisa tetap waspada dan terfokus. Beristirahatlah beberapa menit jika sudah terasa lelah atau pada waktu yang tepat untuk berhenti sejenak. Cobalah berjalan kaki, minum air putih, atau mengobrol. Selama beristirahat, jangan melakukan aktivitas yang bisa mengalihkan Anda dari pekerjaan. Berlama-lama di depan komputer atau TV biasanya akan menjadi sesi panjang yang menunda pekerjaan. Jika Anda sudah terlalu letih, pasanglah alarm sebagai pengingat agar bisa beristirahat setiap satu atau dua jam.

3. Buatlah jadwal kerja. 

Tentukan jadwal kerja yang realistis menggunakan kalender biasa atau elektronik. Anda akan termotivasi untuk bekerja lebih keras dengan mewujudkan rencana dalam bentuk pengingat yang konkret dan bisa terlihat.


Masukkan waktu istirahat dan makan siang yang lebih panjang dalam jadwal ini. Buatlah jadwal kerja untuk sehari penuh saat mulai bekerja. Di akhir hari, sisihkan waktu beberapa menit untuk menyusun draf jadwal kerja hari berikutnya.

4. Berikan hadiah kepada diri sendiri untuk memotivasi. 

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang setiap tugas dan berikan hadiah kepada diri sendiri jika tujuan Anda tercapai. Untuk tujuan kecil, seperti membersihkan dapur atau menyelesaikan tugas sehari-hari, berikan hadiah es krim untuk diri sendiri atau setengah jam memanjakan diri. Untuk tujuan yang lebih besar, seperti mendapatkan gelar atau promosi, pergilah berlibur atau nikmatilah petualangan akhir pekan sebagai hadiah untuk diri sendiri.

5. Jangan memperpanjang waktu kerja. 

Berusahalah yang terbaik, tetapi jangan memperpanjang waktu kerja, jika tidak perlu. Hasil kerja yang cepat dan profesional biasanya lebih efisien dan lebih dihargai ketimbang tambahan waktu satu minggu yang sifatnya opsional. Simpanlah waktu Anda yang sangat berharga untuk menyelesaikan proyek yang benar-benar penting.

Continue reading Berikut 5 Cara Meningkatkan Produktivitas

Baca, ini 5 Alasan Mengapa Wanita Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung


Keinginan untuk menyeimbangkan karier dan kehidupan cinta tentu ada di kepala setiap wanita. Siapa sih yang tak mau memiliki karier cemerlang sambil menikmati indahnya kehidupan percintaan? Tapi sayangnya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Buktinya kalau diperhatikan, ada banyak wanita yang kariernya baik tapi hubungan asmaranya justru tidak.

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya apa ya yang membuat hal tersebut terjadi? Nah, agar tak terus penasaran, kali ini Popbela akan mengulas alasan mengapa biasanya wanita berkarier sukses banyak yang berstatus single:

1. Wanita karier lebih pemilih dalam segala hal termasuk soal pasangan
Dunia kerja akan melatih seorang wanita untuk dapat bertanggung dalam setiap keputusan yang ia buat. Tuntutan ini secara tidak langsung akan membuat wanita tersebut menjadi lebih hati-hati sebelum memutuskan sesuatu. Nah, kebiasaan tersebut biasanya terbawa dalam kehidupan sehari-hari di mana ia akan berhati-hati sebelum mengambil keputusan termasuk juga soal hubungan asmara.
 
2. Mencari pria yang kariernya lebih terjamin itu terkadang sulit
Alasan kedua yang biasanya membuat wanita karier susah menemukan tambatan hati adalah mereka cenderung mencari yang lebih pria mapan. Mapan di sini maksudnya tidak hanya dari segi uang tapi juga pekerjaan. Dia akan membandingkan apakah pria tersebut lebih stabil kariernya. Jika tidak, wanita karier akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk berkencan.

3. Pria merasa minder mendekati wanita dengan karier yang sukses
Jika beberapa wanita lebih suka mencari pasangan yang lebih hebat, pria justru sebaliknya. Budaya yang membuat pria merasa harus lebih sukses dari wanita biasanya menjadi penyebabnya. Karena itu tak mengherankan kalau saat mendekati wanita biasanya pria akan memilih yang kariernya di bawah mereka. Jika si wanita terlihat lebih sukses dari segi karier maka mereka cenderung segan mendekati.

4. Sudah mandiri secara finansial
Ada beberapa wanita yang memilih menikah karena alasan finansial. Ya, kultur ketimuran memang seringkali tanpa sadar memosisikan wanita menjadi tanggungan pria secara ekonomi. Umumnya kalau sudah menikah, biaya hidup si wanita akan ditanggung pasangannya. Nah, situasi tersebut tentu tidak berlaku bagi wanita karier. Pekerjaan yang baik serta penghasilan yang menjanjikan membuat wanita karier merasa tidak memerlukan hal tersebut. Mereka bisa membiayai hidup tanpa perlu bergantung dengan sang pria.

5. Kesibukan pekerjaan membuat mereka tak punya waktu mencari pasangan
Masuk ke dunia kerja terkadang memang memangkas waktu kita untuk banyak hal. Tidak hanya terbatasnya kesempatan bertemu keluarga atau teman, tapi juga urusan mencari pasangan. Coba bayangkan mulai dari pagi hingga malam hari kita sudah sibuk beraktivitas. Ketika akhir pekan pun kebanyakan wanita karier memilih untuk beristirahat di rumah ketimbang harus “beredar” mencari gebetan. Alhasil situasi tersebut membuat wanita karier tak sempat mencari pasangan dan betah dengan status single-nya.

Semoga alasan-alasan di atas menjawab rasa penasaranmu ya, Bela, kenapa wanita karier biasanya berstatus single. Kamu setuju? Atau kamu punya alasan-alasan lain? Jangan lupa bagikan di bagian komentar ya, Bela!

Continue reading Baca, ini 5 Alasan Mengapa Wanita Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung
,

Tips 5 Cara Terbaik Agar Tidak Dimarahi Atasan


Menjalani kehidupan dalam dunia kerja akan selalu penuh tantangan dan tekanan. Apalagi jika harus berahadapan dengan atasan yang terkadang gampang sekali marah.

Seiring meningkatnya jabatan yang dipegang, tanggung jawab pekerjaan pun juga turut meningkat. Begitu pun tekanan yang timbul dari tugas tersebut.

Tekanan membuat seseorang bersikap emosional. Tak heran jika atasan gampang sekali emosional ketika menhadapi anak buahnya yang kinerjanya buruk.

Sebelum mengartikan sikap atasan, sebaiknya kenali dulu alasan di baliknya. Situasi di lingkungan kerja menuntut karyawan untuk selalu memberikan hasil terbaik tak terkecuali atasan Anda.

Agar tidak dimarahi atasan terus-menerus, beberapa cara berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Pahami Keinginan Atasan
Perlu diingat bahwa atasan juga memiliki masalah, rasa frustasi dan ketakutannya tersendiri yang membayang-bayanginya. Misalnya ketika Anda tak dapat memenuhi pekerjaan sesuai target, sudah pasti sisi emosionalnya muncul.Jangan melihat atasan hanya sebagai seorang yang hanya mengevaluasi kinerja Anda. Bagus berarti promosi. Tapi bila kinerja Anda buruk, maka luapan kata-kata kasarlah yang akan keluar dari mulutnya.

Coba ubah pemikiran semacam ini, sebab hanya akan menjadi beban untuk Anda. Karena bayang-bayang amarah atasan bisa membuat kinerja kacau.

Sehingga Anda akan semakin sering kena marah atasan. Lihatlah atasan sebagai seorang pribadi yang utuh.

Pahami pribadinya, kenali karakternya ketahui mimpinya di perusahaan.

Jika Anda ingin agar tak dimarahi atasan setiap kali. Maka ketahui apa keinginan terbesarnya, rebut hatinya dengan kinerja yang maksimal.

2. Jujur dan Terbuka
Siapa pun pasti tak ingin dibohongi, apalagi atasan Anda. Bisa-bisa karier tamat sampai di sini jika Anda kerap bersikap curang dan bohong ketika bekerja.

Misalnya, ketika diamanahkan suatu tugas. Anda berlagak seolah mampu tetapi ternyata hasilnya nol. Tentu atasan akan marah karena merasa dibohongi.

Sepatutnya Anda harus menghindari sikap yang demikian. Setiap tugas yang diamanahkan, kerjakanlah dengan maksimal. Jika kurang paham, bertanyalah. Akui jika memang Anda tak sanggup.

Jujur dan terbukalah dengan kemampuan yang Anda miliki, dan jangan jadi orang yang sok tahu segalanya. Tetapi bukan berarti mengecilkan diri sendiri hingga menolak ketika diberi tugas-tugas tertentu.

Hanya saja lebih bisa mengukur kemampuan diri agar tak hanya nyaring bunyinya tetapi hasil kerjanya melempem.

3. Ciptakan Komunikasi yang Baik
Kemarahan bos memang tak bisa diduga kapan akan terjadi. Tapi Anda bisa meminimalisirnya jika bisa menjalin komunikasi yang baik dengannya.

Melalui komunikasi, Anda akan bisa mempertanyakan secara langsung alasan dibalik kemarahannya. Gali informasi langsung agar Anda tak menduga-duga alasan kemarahannya. Tetapi lakukan dengan cara yang santun dan tidak terkesan ikut-ikutan emosi.

Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi keadaan agar tak dimarahi atasan yang gampang marah-marah tidak jelas.

Ada saatnya tekanan pekerjaan membuat seseorang frustasi sehingga apapun yang tak disukai langsung marah. Tak terkecuali dengan atasan Anda.

Menjalin komunikasi dengan atasan sama halnya dengan membangun jembatan yang menghubungkan antara Anda dan atasan. Supaya kepentingan perusahaan tercapai, kinerja makin baik dan tak ada kesalahpahaman yang terjadi.

4. Jangan Diambil Hati
Ketika atasan marah, Anda pun juga harus tahu sebabnya. Maka komunikasi yang lancer dengan atasan menjadi penting. Tetapi karakter setiap orang berbeda-beda.

Atasan yang suka berbicara keras dan lantang dianggap sebagai ungkapan marah. Anda pun harus tahu, bahwa definisi marah yang sebenarnya itu seperti apa. Baik menurut Anda atau pun atasan.

Karena karakter terbentuk dari kebiasaan. Jika kebiasaan atasan memang berbicara keras, maka bisa jadi yang Anda anggap marah itu sebetulnya bukan amarah. Hanya ungkapan kekecewaan saja.

Pahami itu dan jangan diambil hati. Jika tidak bisa-bisa Anda akan selalu menganggap bahwa atasan marah-marah tak jelas. Bedakan antara marah (emosi) dan suara lantang karena kebiasaan.

Maka dari itu jadi karyawan harus tahan banting, dan bawaannya baper saja alias bawa perasaan. Pekerjaan membutuhkan logika dan cara berpikir yang luas bukan baper.

Yang diperlukan kinerja maksimal dan nyata. Bukan, “aduh gimana ini” atau “aduh gimana itu”. Kalau Anda tak tahan maka dunia kerja tak cocok untuk Anda.

Continue reading Tips 5 Cara Terbaik Agar Tidak Dimarahi Atasan
,

Kenali, 7 Tips Ampuh Meredam Emosi Setelah Dimarahi Bos


Secara naluri siapa pun tak akan mau kena marah dari bos, meskipun memang telah melakukan kesalahan. Apalagi jika bos marah di depan rekan kerja yang lain sambil membentak dan berkata kasar.

Pada saat itu ada ego di dalam hati yang terluka dan merasa direndahkan yang membuat emosi negatif sangat mudah tersulut. Memang betul rasanya sangat kacau, tetapi tersulut emosi saat dimarahi bos bisa berujung petaka pada karier Anda.

Ada baiknya untuk belajar meredam emosi setelah dimarahi bos sedikit demi sedikit, meski tak gampang memang. Simak tips ampuh berikut agar emosi lebih terkontrol.

1. Tenangkan Diri
Terkadang kemarahan yang ditunjukan bos membuat perasaan ikut terbawa emosi. Cobalah meredam emosi setelah dimarahi bos dengan menenangkan diri sebentar. Tarik napas panjang dan dalam lalu hembuskan perlahan. Lakukan berulang hingga benar-benar tenang.

Perlu diingat bahwa dalam setiap pekerjaan pasti ada masalah yang perlu dihadapi, termasuk kena marah bos. Jadi tak perlu bereaksi berlebihan, seperti marah-marah sendiri atau terlihat sedih hingga demotivasi. Bersikaplah tenang dan biasa saja.

2. Pahami Akar Masalah
Tak akan ada asap kalau tak ada api, jadi jangan buru-buru emosi kalau dimarahi bos. Kemarahan bos pasti ada penyebabnya. Daripada ikutan emosi saat bos marah, lebih baik perhatikan apa yang bos katakan ketika marah.Bila perlu catat poin-poin penting penyebab marahnya. Meski penyebabnya tak jelas sekalipun, jangan pernah anggap kemarahannya sebagai sentimen pribadi. Sebab bisa membebani batin dan pikiran Anda yang bisa berdampak buruk pada kinerja.

Ketika memang terbukti kinerja Anda kurang memuaskan, maka terimalah dengan lapang dada dan berusahalah untuk memperbaikinya. Gunakan amarah si bos sebagai pemecut semangat agar bekerja lebih baik. Bukan justru jadi momok menakutkan yang memperburuk keadaan.

3. Berbagi Cerita pada Orang yang Dapat Dipercaya
Kena semprot bos memang bisa membuat mood berubah tak karuan, dan curhat dengan rekan sekantor terkadang bisa jadi solusi untuk meredam emosi setelah dimarahi bos. Tapi perhatikan pada siapa Anda mencurahkah isi hati dan keluh kesah tersebut.

Jangan sampai Anda sembarangan memilih teman bicara dan suka mengadu yang tidak-tidak, karena ini sama saja memicu munculnya masalah baru. Ingat selalu untuk tak mendramatisir masalah jika tak ingin masalah tambah melebar. Sebaiknya jangan pilih teman sekantor kalau ingin curhat tentang bos.

4. Lakukan Perbaikan Kinerja
Bos akan selalu ingat jika anak buahnya melakukan kesalahan sekecil apapun, karena semuanya ada dalam ingatannya. Jadi jangan sepelekan kemarahan bos jika memang kinerja Anda kurang memuaskan. Perbaiki segera catatan buruk dari bos, jika masih ingin karier Anda cermerlang.

Mulai dari disiplin masuk kerja hingga mengerjakan tugas sesuai arahan dan deadline. Intinya tingkatkan kinerja dan juga produktivitas Anda saat bekerja. Ini bisa membuat catataan buruk Anda di mata bos sedikit berkurang.

5. Bersikap Lebih Sportif
Emosi ketika dimarahi bos adalah hal yang normal, semua orang pun pasti pernah mengalaminya. Dan meski tak mudah rasanya untuk meredam emosi setelah dimarahi bos setelah apa yang dilontarkan.

Meski demikian, cobalah bersikap sportif dan tak bersikap kekanak-kanakan hingga mogok bicara di depan bos. Tetap perlihatkan kinerja dengan baik sesuai tugas Anda dan tetap berkomunikasi dengan baik.

Dengan kata lain, tetap jaga profesionalitas dalam bekerja. Jangan sampai terlihat seperti terlihat seperti cari muka.

6. Alihkan Emosi
Meredam emosi setelah dimarahi bos terkadang memang tak gampang, tetapi bukan berarti tak bisa dilakukan. Coba alihkan emosi ke hal-hal lain yang lebih menyenangkan dan sejenak bisa melepaskan beban sekaligus mengembalikan mood yang kacau.

Coba ajak rekan kerja pergi ke resto favorit saat jam makan siang sambil mencari udara segar agar perasaan tidak terlalu tertekan. Pesan makanan atau minuman favorit, nikmati setiap momen, dan jangan membicarakan masalah pekerjaan. Biarkan pikiran rileks sejenak.

Ada beberapa makanan atau minuman tertentu yang bisa jadi cara efektif untuk mengurangi rasa tertekan dan stres setelah kena marah oleh bos. Misalnya saja dark cocholate, yogurt, kopi atau makanan lain yang memiliki rasa yang manis. Tetapi jangan berlebihan, bisa-bisa angka timbangan naik lho kalau tidak bisa mengontrol diri.

7. Lupakan Segera
Terkadang melupakan rasa sakit hati itu penting agar Anda tak jadi seseorang yang pendendam. Begitu pun ketika kena amarah bos, jangan terlalu membawanya terlalu dalam hingga perasaan Anda merasa terluka. Come on, ini cuma masalah pekerjaan bukan masalah pribadi.

Jadi jangan masukan terlalu dalam ke hati. Belajarlah untuk melupakan masalah dan mulai memperbaiki kinerja, jika memang pada kenyataannya Anda yang salah.

Tetapi jika masalahnya ada pada bos yang memang suka  marah-marah dan semena-mena, maka berusahalah untuk bersikap tenang dan jangan mengkonfrontasi. Tetap tunjukkan sikap professional sebagai seorang karyawan.

Continue reading Kenali, 7 Tips Ampuh Meredam Emosi Setelah Dimarahi Bos