, ,

Lulus Kuliah di tengah Pandemi? Segera Lakukan 5 Hal Ini untuk Kariermu


Adanya pandemi Covid-19 dirasakan dampaknya oleh banyak orang. Salah satunya adalah tantangan karir bagi teman-teman yang lulus kuliah di tengah pandemi seperti ini. Tapi, kamu jangan khawatir. Karena, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk karirmu. Apa aja? Ini dia ulasannya..

1. Perluas online networking
Meskipun di rumah aja, bukan berarti gak bisa memperluas networking. Kamu bisa memperluas online networking, salah satunya dengan mengikuti Webinar. Di sini kamu pasti akan bertemu banyak peserta dengan latar belakang yang sama maupun berbeda. Sama seperti seminar offline, di seminar online ini kamu juga jangan sekadar ikutan acaranya, menyimak, diam dan selesai. Kamu bisa berkenalan dengan peserta lainnya.

2. Manfaatkan career center dari kampusmu
Manfaatkan career center yang disediakan kampusmu untuk mencari kerja. Selain itu, kamu juga harus rajin cek berbagai portal karir ya. Masih ada kok beberapa perusahaan yang membuka lowongan kerja di tengah pandemi seperti ini. Jadi, jangan putus asa dan tetap semangat ya!

3. Aktif di grup kampus
Mulai sekarang jangan abaikan chat grup kampus kamu ya. Karena, di grup kampus bisa jadi tempat untuk mencari informasi seputar projek freelance, volunteering, kelas online sampai lowongan kerja. Jadi, lebih aktif untuk cari tahu ya.

4. Latihan wawancara virtual
Pandemi juga mengubah metode wawancara kerja, yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung, sekarang dilakukan secara virtual. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan diri jika suatu saat kamu harus wawancara melalui telepon atau aplikasi telekonferensi. Sama seperti wawancara pada umumnya, kamu harus tetap berbusana rapi dan profesional. Jangan lupa juga untuk cari tahu tentang perusahaan dan jabatan yang kamu lamar ya.

5. Asah skill lewat webinar
Kamu bisa ikutan berbagai event online untuk mengasah skill kamu, salah satunya adalah Webinar. Nah, kamu bisa nih ikutan Inspira Webinar #MakinPintardiRumah dari Young On Top nih. Karena, bakalan ada banyak pembicara yang keren dan inspiratif bakal ngebahas topik seru.

Bakalan ada Hindia Baskara (Musisi) yang ngebahas How To Avoid Creative Block During Pandemic, Aakar Abyasa (Founder & CEO Jouska Indonesia) yang ngebahas Pelajaran Finansial yang Wajib Kamu Tahu, Intan Ayu Kartika (Brand Director AQUA) yang ngebahas Scale Up Your Skill in Multinational Company dan masih banyak pembicara lainnya yang akan ngebahas topik seru, menarik dan insightful pastinya!

0 komentar:

Posting Komentar