,

Cek Disini!! Apakah Tanda Orang Sukses ini pada Diri Anda?

 


Belajar menjadi orang sukses berarti harus berani mengubah pola pikir dan menikmati proses. Kesuksesan bukanlah tujuan akhir karena ini juga merupakan bagian dari proses itu sendiri. Kendati demikian, untuk mencapai hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah.

Pertanyaannya, mengapa ada orang yang bisa ‘memprediksi’ kesuksesan mereka? Sebenarnya, mereka hanya percaya akan mampu mencapai tujuannya karena sudah menjalani proses dengan benar. Selain itu, seperti halnya penyakit yang memiliki gejala, orang-orang yang sukses juga bisa dikenali ‘gejalanya’ sejak awal.

Kebiasaan yang Mengantarkan Anda Jadi Orang Sukses

Semua orang ingin sukses, tetapi tidak ada cara instan untuk mencapainya. Keberuntungan pun didapat karena seseorang sudah menjalani proses dan siap dengan itu, Namun setidaknya, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan, yang jika Anda memilikinya mungkin itu adalah pertanda bahwa kelak akan jadi orang yang berhasil.

1. Selalu menetapkan tujuan secara jelas
Seberapa sering Anda membuat resolusi di awal tahun? Apakah pernah ada resolusi yang benar-benar terwujud? Itu memang menjadi salah satu contoh menetapkan tujuan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi seringkali hanya awalnya saja yang mengasyikkan.

Banyak orang yang tidak tahan menjalani prosesnya dan pada akhirnya mundur dari tujuan tersebut. Ini bisa terjadi jadi karena tujuannya tidak diset secara spesifik atau tidak relevan dengan diri Anda sendiri.

Jadi, ketika menetapkan tujuan sebaiknya Anda mempertimbangkan lima hal. Pertama adalah spesifik, terukur, bisa dicapai, relevan, dan berorientasi waktu.

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang bisa menetapkan tujuan secara jelas. Ditambah lagi Anda harus tahu apa tujuan mana yang menjadi prioritas di antara tujuan-tujuan kecil lainnya.

2. Selalu ingin belajar hal baru
Pemikiran orang sukses adalah tidak pernah puas dengan pengetahuan yang dipunyai pada hari ini. Teruslah belajar karena setiap harinya ada banyak pengetahuan baru yang mungkin akan mendorong Anda menuju kesuksesan. Tidak harus dilakukan secara formal di sekolah, tetapi Anda dapat melakukannya di manapun dan kapanpun.

Semakin banyak hal yang Anda pelajari, maka wawasan dan pengetahuan baru akan terus bertambah. Wawasan luas inilah yang dapat membukakan pintu kesuksesan selebar-lebarnya. Jadi ketika ada kesempatan datang, Anda sudah siap dengan hal itu dan langsung mengambilnya.

Satu lagi, jangan hanya belajar dengan membaca kisah-kisah sukses orang terkenal. Bacalah kisah kegagalan mereka untuk belajar agar Anda tidak bertemu dengan kegagalan yang sama. Sebab, kegagalan membuat seseorang banyak belajar.

3. Tidak hanya jago teori, tetapi juga praktiknya
Belajar itu penting, tetapi mengapa masih ada orang yang gagal walaupun sudah banyak belajar? Menambah wawasan memang bagus, tetapi itu tidak ada gunanya jika tidak pernah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mempraktikkan apa yang telah dipelajari sebelumnya adalah contoh kebiasaan orang sukses setiap hari lainnya.

Setelah banyak buku atau mengikuti berbagai seminar, coba lakukan apa yang Anda pelajari dari sana. Pelajari, rencanakan dan eksekusi sesuai dengan kemampuan. Jika gagal, coba lagi sampai suatu saat berhasil.

Semakin percaya diri Anda, semakin tinggi peluang mencapai sebuah tujuan. Tingkat kepercayaan diri yang rendah membuat Anda akhirnya tidak melakukan apapun. Ragu untuk praktik bukanlah tanda bahwa Anda akan jadi orang yang akan sukses di kemudian hari.

4. Mampu konsisten melakukan suatu hal
Ketika sudah mempelajari suatu bidang dan berani mempraktikkannya, cobalah untuk konsisten. Temukan konsistensi itu dan kembali pada mindset bahwa sukses bukanlah tujuan akhir. Ketika sudah bertemu dengan ‘sukses’ sekalipun, tetap konsisten dengan apa yang Anda lakukan.

Sebagai contoh pemain sepak bola terkenal tentu tidak akan berhenti berlatih ketika mereka sukses. Mereka tetap berlatih selama bertahun-tahun untuk mencapai tujuan lainnya walaupun orang lain sudah menganggapnya sukses. Jadi, konsisten adalah sikap orang sukses yang juga harus ditanamkan di dalam diri Anda.

Tantangan dan kendala sudah pasti ada, apapun bidang yang ditekuni. Tetapi, jangan pernah mundur dan cobalah untuk menghadapi serta memperbaiki. Terus lakukan evaluasi dan diskusikan hal-hal yang kurang Anda mengerti dengan mentor atau pembimbing.

Ingat, tidak konsisten adalah kebiasaan orang-orang gagal. Sebaiknya, konsisten dan antusias adalah pertanda bahwa kelak Anda bisa sukses.

5. Tidak pernah takut bermimpi dan mau berjuang meraihnya
Banyak sekali orang yang meragukan kemampuannya sendiri sehingga mimpi mereka terkubur sebelum terwujud. Sementara beberapa orang lainnya mampu mewujudkan mimpi yang sebenarnya terlihat mustahil. Apa yang membedakan kedua tipe orang tersebut?

Sudah pasti tentang keberanian bermimpi dan kemauan untuk berjuang meraihnya. Orang yang sukses tahu bahwa mereka akan mampu mewujudkan mimpi asalkan dibarengi dengan kerja keras dan mindset positif. Tidak ada kata pesimis walaupun juga harus realistis.

Apapun yang bisa Anda lakukan asalkan berani untuk memulainya. Di dalam keberanian ada kekuatan dan keajaiban yang mendukung. Pertahankan sikap positif ini dan mulailah bermimpi dari sekarang.

6. Kesuksesan Berasal dari Diri Sendiri
Sukses tidak akan terjadi dalam semalam karena ini adalah tentang konsistensi, keberanian dan kemauan. Boleh saja menyusun rencana untuk sukses, tetapi Anda harus mau menjalankannya setiap hari. Ingat bahwa kesuksesan tidak berasal dari mana-mana, melainkan dari dalam diri sendiri.

Jadi apakah kiranya Anda mempunyai lima tanda tadi di dalam diri? Jika iya, mungkin itu sudah merupakan ‘gejala’ untuk menjadi sukses di masa depan. Kuncinya adalah tetap fokus pada tujuan dan jangan berhenti berproses untuk mencapainya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada yang lainnya supaya dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk menjadi orang sukses. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar