Soft Skill Yang Harus Dimiliki Saat Pandemi Untuk Melamar Kerja


Kamu sebagai pencari kerja harus punya soft skill di tengah ketatnya persaingan dalam mencari kerja. Alasannya adalah kamu akan bersaing dengan 6 juta orang yang terdampak PHK dan 2 juta lulusan baru setiap tahunnya. Begitu ketat persaingan dalam mencari pekerjaan membuatmu harus memiliki kompetensi tinggi dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan, salah satunya adalah soft skill ini.

Sebelum membahas soft skill yang harus kamu miliki, apakah kamu tahu apa itu soft skill? Kemampuan seseorang untuk mencapai karier dengan kecerdasan emosional dan cara interaksi yang baik dengan lingkungan. Nah berikut ada 3 soft skill yang harus kamu miliki di tengah pandemi.

Kreativitas
Kemampuan yang harus kamu miliki sebagai pencari kerja adalah kreativitas. Dengan memiliki kreativitas perusahaan akan mengutamakanmu ketika kamu melamar pekerjaan. Kenapa kemampuan ini sangat dibutuhkan perusahaan? Alasannya adalah perusahaan butuh sosok yang mampu memberikan solusi masalah untuk berbagai situasi karena keterbatasan sumber daya manusia dengan kreativitasnya. Jadi cobalah kamu mengasah kreativitasmu dengan melihat situasi dengan sudut pandang yang lain.

Kolaboratif
Dengan sedikitnya sumber daya manusia dan perusahaan harus tetap berjalan maka kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi kemampuan untuk bisa bekerja bersama tim atau lintas tim harus kamu miliki.

Kecerdasan Emosional
Soft skill ketiga yang harus kamu miliki di tengah pandemi adalah kecerdasan emosional. Dengan sedikitnya sumber daya manusia pasti akan berdampak pada banyaknya jumlah pekerjaan dan makin tinggi tekanannya. Seseorang yang mampu mengendalikan emosi/stresnya dan tetap fokus kepada pekerjaan akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah tiga keahlian yang harus kamu miliki di tengah pandemi yang bisa kamu latih ketika ingin melamar pekerjaan. Kamu bisa memulai mencari pekerjaan impian kamu. Ada banyak lowongan yang bisa kamu lamar dengan mudah tanpa harus mendatangi perusahaannya.

0 komentar:

Posting Komentar