,

Baca Tahapan Seleksi yang Harus Dilalui Management Trainee


Oke, ketika Anda sudah cukup percaya diri memiliki skill untuk menjadi seorang management trainee, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti tahap seleksi yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan, diantaranya adalah ;
 

1. Seleksi Administrasi

Seleksi ini meliputi, surat lamaran, ijazah, umur, status, pengalaman kerja, domisili, sertifikat keahlian, pas foto, fotokopi identitas, surat kesehatan dari dokter, dan akte kelahiran.
 

2. Seleksi Psikotes

Seleksi ini memiliki fungsi untuk mengenal watak dari seseorang seperti interest, attitude, personality, interest, dan juga intelijensinya.

Tes psikotes yang digunakan seperti tes wartegg dan menggambar, tes pauli, dan lain sebagainya.
 

3. Seleksi Bahasa Inggris

Tes ini tergantung kebijakan perusahaannya, ada yang melakukan seleksi tulisan dan juga lisan ataupun hanya mencantumkan sertifikat TOEFL saja.
 

4. Seleksi Focus Group Discussion (FGD)

Adalah seleksi Diskusi kelompok terarah untuk pengumpulan informasi suatu masalah tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi. Pesertanya biasnaya para calon kandidat terpilih yang telah memenuhi seleksi di atas.

Dalam diskusi tersebut, Anda diharuskan berkomentar, berani mengeluarkan pendapat, dan lain sebagainya guna menemukan hasil diskusi yang lebih baik.
 

5. Seleksi Interview HRD

Pihak HRD dari perusahaan yang Anda lamar akan memberikan pertanyaan-pertanyaan lebih spesifik tentang pribadi, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Maka bersikaplah apa adanya dan buat HRD terkesan dengan jawaban-jawaban wawancara kerja yang dilontarkan.
 

6. Seleksi Tes Kesehatan

Ketika Anda melakukan tes kesehatan ini, bisa dibilang sudah 80 persen diterima. Namun, ada pula yang harus tersingkirikan karena hasil kesehatan yang tidak memuaskan.

Alangkah baiknya, sedari sekarang untuk menjaga kesehatan diri.

Tahapan-Tahapan seleksi di atas tidak sepenuhnya selalu ada, hal tersebut tergantung dari kebijakan pihak perusahaan.

Walaupun begitu, Anda harus bersiap-siap diri menyiapkan segala sesuatu yang ada di setiap seleksinya. Tunjukkan yang terbaik dan layak untuk mendapatkan pekerjaan sebagai management trainee.

0 komentar:

Posting Komentar